-->

Mengatasi Artikel Tidak Terindex Oleh Google

Mengatasi Artikel Tidak Terindex Oleh Google


Kali ini Crepictdesign akan berbagi tips Cara Mengatasi Artikel Tidak Terindex Oleh Google. Ok,,sebelum saya lebih lanjut, saya akan sedikit jelaskan penyebab tidak terindexnya sebuat artikel oleg Google :

1. Kita belum lakukan Submit Blog di Google Search Console atau ( dulu Google Webmaster )

2. Kesalahan pada robot.txt atau ada kesalahan pada Robot Penguji Teks Blog Sobat.

3. Artikel Blog yang diindikasi sebagai SPAM.

4. Masalah pada Sistem Pengindexkan di Akun Google Webmasters ( umumnya masalah ini terkait pelanggaran Term of Service-nya Google )

5. Belum dirayapi robot mesin pencari, ini terkait usia artikel ( jika baru di posting )

6. Persaingan mutu artikel/judul artikel Sobat dengan kata kunci ( top level  keyword ) papan kalah bersaing atau bisa dikategorikan artikel tidak informative.

Saya akan jelaskan satu per satu maksud dan cara menyelesaikan masalahnya, kita mulai dari yang pertama :


1. Submit Blog di Google Search Console


Apabila kita tidak lakukan Submit Blog di Goole Search Console sama halnya kita membiarkan Artikel yang kita posting TIDAK dikenali oleh mesin pencari, jadi jangan harap artikel Anda akan ditemukan oleh user .

Mengatasi Artikel Tidak Terindex Oleh Google


Berikut cara Submit Blognya, silahkan masuk di Google Search Console

1. Setelah masuk pada Dashbord >> Crawl >> Sitemap

2. Klik pada “ADD/Test Sitemap “ kemudian Sobat hanya isikan/ketik dalam kotak yang disediakan “ sitemap.xml “ seperti pada gambar.

3. Kemudian klik Submit

4. Sampai disini Blog kita dalam proses index oleh Google, namun masih dalam status Pending ( untuk melihat scroll ke bawah )


2. Kesalahan pada (  robot.txt ) Robot Penguji Teks.


Nah ! yang ini tidak terpisahkan dari langkah pertama tadi ( saling berhubungan ) . Umumnya kita merasa sudah Submit Blog namun tidak mengisikan custom  robot.txt. Atau keselahan dapat disebabkan kita merubah default custom robot .txt. Sebenarnya merubah CUSTOM ROBOT.TXT sah sah saja sepanjang kita paham fungsi dan konsekwensi dari perubahan yang kita lakukan…   ( bisa fatal/tidak ter-index ).

Cara mengisikan custom robot.txt sbb:

1.Masuk ke Akun Blogger Sobat

2. Pada Dashbord >> Setting >> Search Preference

3. Klik “Edit “sebelah [ enable ] pada custom robot.txt

4. Masukkan custom robot.txt seperti dibawah ini :

User-agent: Mediapartners-Google

Disallow:


User-agent: *

Disallow: /search

Allow: /


Sitemap: https://crepictdesign.blogspot.com/sitemap.xml 


Catatan: Ganti crepictdesign.blogspot.com dengan URL Blog Sobat,atau cara selengkapnya bisa lihat gambar dibawah ini.
Mengatasi Artikel Tidak Terindex Oleh Google



3. Artikel Blog yang diindikasi sebagai SPAM

Algoritma Google selalu Update dengan tujuan agar blog yang terindeks bukan blog SPAM.
Lalu bagaimana sih blog spam itu ?

Spam identik dengan LINK yang mengarah bukan pada LINK yang terkait dengan tujuan informasi yang dibutuhkan pengunjung Blog, Nah umumnya adalah Blog yang terlalu banyak IKLAN yang masing masing link menuju link eksternal yang sama sekali tidak berhubungan dengan artikel Sobat..jadi hati hati dalam memasang IKLAN ya Sob !
Yang satu ini adalah Blog COPAS, hingga kini sudah sangat banyak blog dengan artikel yang di-indeks oleh Google dengan judul yang sama atau hampir mirip.Banyaknya artikel dengan judul mirip walau konten berbeda yang ada di database Google dan membuat Google mengevaluasi algoritma pengindeksan artikel blog.

4. Masalah pada Sistem Pengindexkan di Akun Google Webmasters ( umumnya masalah ini terkait pelanggaran Term of Service-nya Google )

Ini biasanya terjadi karena kita melanggar aturan/kebijakan ( Term of Service ) yang di buat oleh Google, semisal COPAS konten Blog milik orang lain,atau menghapus/menghilangkan link kredit pada template Blog yang mengakibatkan Blog Sobat masuk dalam sandbox-nya Google. Otomatis semua judul artikel Sobat takkan lagi muncul di mesin pencarinya Google. Sebenernya masih banyal lagi aturan aturan yang dibuat Goole,namun saya menyampaikannya pada konteks umum yang biasanya banyak dilakukan oleh Sobat Blogger

5. Belum dirayapi robot mesin pencari, ini terkait usia artikel ( jika baru di posting )

Kalau hal yang satu ini tak perlu kita kuatirkan karena mesin pencari perlu waktu mengidentifikasi ontentifikasi sebuah artikel yang Sobat posting, jika Sobat sudah lakukan semua prosedur verifikasi dan submit blog, sobat tinggal tunggu waktu saja paling tidak 1 x24 jam artikel Sobat akan muncul pada mesin pencari Google meski tidak pada halamn utama…

6. Persaingan mutu artikel/judul artikel pada top level keyword

Untuk hal yang satu ini, bagaimana konten Sobat berada pada top level atau berada di puncak pencarian Google yang kesemuanya tergantung kwalitas konten yang informatif. Artinya judul artikel kita tidak hilang dari mesin pencari namun kalah bersaing sehingga jauh diposisi paling buncit.

Jadi buatlah content semenarik mungkin ( berbeda / tidak copas ) dilengkapi video tutorial jauh lebih baik, informative.

Disini saya memberikan gambaran garis besarnya saja pada Sobat. Saya yakin Sobat blogger mampu menterjemahkan sendiri detailnya. Demikian tutorial Cara Mengatasi Artikel Tidak Terindex Oleh Google.

Semoga bermanfaat…..

Buka Komentar